Senin, 25 Januari 2010

Fenomena, Bahaya dan Cerita Rokok

Rokok itulah namanya, terbuat dari daun tembakau rajangan, cengkeh dan beberapa unsur penyedap (seperti masakan saja). Sudah banyak penelitian dilakukan mengenai benda yang satu ini, berbagai hasil penelitian telah diungkapkan mulai dari bahaya merokok, kandungan tembakau bahkan cerita tentang merokok telah banyak kita dengar. Siapa yang tidak tahu rokok, anak kecil pun tahu apa itu rokok dan bagaimana cara menggunakannya. Dulu sekitar tahun 70-an rokok identik dengan laki-laki, tetapi sekarang banyak juga perempuan yang mengkonsumsi rokok, yang lebih parah menurut survey ada sekitar 30% anak mulai merokok dibawah umur 10 tahun. Tapi itulah rokok yang tidak akan pernah selesai dibahas, yang mengherankan ada penelitian yang menyebutkan kandungan zat yang terdapat dalam tembakau baik untuk tubuh manusia, zat tersebut adalah antioksidan. Semua orang akan setuju jika antioksidan merupakan salah satu senyawa yang bermanfaat untuk tubuh, tahukah anda bahwa tembakau memiliki keistimewaan tersebut untuk dikembangkan dalam bidang kesehatan.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Haiyan Wang , Mouming Zhao, Bao Yang , Yueming Jiang , Guohua Rao akhir-akhir ini, mereka telah menemukan bahwa didalam daun tembakau ternyata kaya akan polifenol yang berfungsi untuk mengurangi penyebaran penyakit dalam tubuh dan mengurangi strees. Polifenol yang dominan didalam daun tembakau adalah Asam Klorogenik dan Rutin. Informasi ini di ambil dari "Identification of polyphenols in tobacco leaf and their antioxidant and antimicrobial activities" (Food Chemistry 107 (2008) 1399–1406). Jika anda ingin mengetahui isi journal tersebut silahkan kirimkan email ke pusatagroindustri@yahoo.com.
Tetapi tidak sedikit penelitian yang menyebutkan efek merokok diantaranya :
  • Merasa cepat marah, hampa atau geram.
  • Cemas atau gelisah.
  • Stres dalam bekerja.
Mau banyak tahu tentang rokok silahkan browsing sendiri dengan kata kunci "Bahaya Merokok" atau baca disini. Sekarang saya mau berbagi cerita tentang merokok.
Judul : "Bahaya Merokok Dalam Kereta"
Suatu hari dalam perjalanan kereta duduklah dua orang saling berhadapan yang belum saling kenal. Satu orang laki-laki dan seorang perempuan yang sedang hamil 7 bulan. Dalam ruangan sempit dan pengap itu laki-laki tersebut merasa jenuh, akhirnya ia mengeluarkan sebatang rokok dan kemudian menyulutnya tanpa peduli ada perempuan hamil didepannya. Pada saat laki-laki tersebut sedang menikmati isapan demi isapan rokoknya tiba-tiba perempuan hamil yang ada didepannya memohon supaya laki-laki tersebut memadamkan rokoknya dengan permintaan yang sangat halus.
Perempuan : Pak...pak...mohon ma'af sekali, bukan saya bermaksud mengganggu kenikmatan bapak merokok tapi anak saya merasa terganggu dengan asap rokok bapak sehingga ia terus menerus bergerak (ucap perempuan hamil sambil menunjuk perutnya sendiri).
Laki-laki : Oh...ma'af bu, ma'af sekali...(jawab laki-laki dengan nada ketus) wah si ibu ini mengganggu kenikmatan orang saja (gumam laki-laki dalam hati).
Kereta terus berjalan sampai akhirnya perempuan hamil tersebut tertidur. Disaat perempuan tersebut nikmat tertidur tiba-tiba laki-laki tersebut membangunkannya.
Laki-laki : Bu...bu...ma'af sekali, bukan bermaksud mengganggu kenikmatan ibu tidur, ma'af sekali.(tutur laki-laki)
Perempuan : Ada apa ya pa? (tanya perempuan)
Laki-laki : Ma'af ya bu, ini anak saya bergerak-gerak terus karena rok ibu terbuka (jawab laki-laki sembari menunjuk celananya dan melihat kearah perempuan hamil yang terbuka roknya) Kena deh lu? kita impas (gumam laki-laki tersebut dalam hati).
Perempuan : Oh iya ya pak... (jawab perempuan hamil tersenyum sambil menutupkan roknya)
Hehehe.... :)
Demikianlah Sekedar Melepas Stress (SMS)....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar